Coretan Pelajar Artikel Pendidikan
Suatu program pembelajaran akan dapat mencapai hasil seperti yang diharapkan apabila direncanakan dengan baik. Ditengarai ada tiga hal yang menjadi perhatian banyak pihak dalam kegiatan pembelajaran. materi apa yang akan diajarkan, bagaimana cara mengajarkan serta bagaimana cara mengetahui bahwa proses pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif.
Pertama, Kurikulum Tingkat Satuan Pendiidkan dirancang untuk dapat menghasilkan lulusan yang kompeten memiliki pengetahuan, ketrampilan, sikap dan nilai-nilai dasar yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak sesuai dengan tiga hal pokok dalam pembelajaran.
Kurikulum IPA pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) juga dirancang sebagai pembelajaran yang berdimensi kompetensi. Sebab, IPA memegang peranan penting sebagai dasar pengetahuan untuk mengungkap bagaimana fenomena alam terjadi. Dengan begitu, IPA menjadi sangat penting dalam kehidupan manusia sebagai bagian dari pengetahuan yang harus dimiliki memasuki era informasi dan teknologi. IPA sekaligus memberi kontribusi besar bagi pengetahuan yang terkait dengan isu-isu global dan mutakhir
Standar kompetensi IPA untuk lulusan SMP dirumuskan dengan mempertimbangkan standar kompetensi yang telah dikuasai lulusan sekolah dasar dan juga tingkat perkembangan mental peserta didik SMP. Pengembangan kurikulum IPA merespon secara proaktif berbagai perkembangan informasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi, serta tuntutan desentralisasi. ini dilakukan untuk meningkatkan relevansi program pembelajaran dengan keadaan dan kebutuhan setempat.
Lebih lanjut, IPA umumnya memiliki peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan, khususnya di dalam menghasilkan peserta didik yang berkualitas, yaitu manusia yang mampu berfikir kritis, kreatif, logis dan berinisiatif dalam menanggapi isu di masyarakat yang diakibatkan oleh dampak perkembangan IPA dan teknologi. Sehingga pengembangan kemampuan peserta didik dalam bidang IPA merupakan salah satu kunci keberhasilan peningkatan kemampuan dalam menyesuaikan diri dengan perubahan dunia memasuki era teknologi informasi.
Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendiidkan (KTSP) pokok pembelajaran IPA memiliki materi yang memuat kajian dimensi objek, tingkat organisasi objek dan tema atau persoalan aspek fisis, kimia dan biologi. Pada aspek biologi, IPA mengkaji berbagai persoalan yang berkait dengan berbagai fenomena pada makhluk hidup berbagai tingkat organisasi kehidupan dan interaksinya dengan faktor lingkungan. Untuk aspek fisis, IPA memfokuskan diri pada benda tak hidup. Untuk aspek kimia, IPA mengkaji berbagai fenomena atau gejala kimia baik pada makhluk hidup maupun benda tak hidup yang ada di alam semesta.
Meminjam bahasanya Bentley dan Watts bahawa Pengajaran IPA dikembangkan berdasarkan persoalan atau tema IPA untuk dapat dikaji dari aspek kemampuan peserta didik yang mencakup aspek mengkomunikasikan konsep secara ilmiah, aspek pengembangan konsep dasar IPA, dan pengembangan kesadaran IPA dalam konteks ekonomi dan social . Konsep pembelajaran IPA tersebut berarti mengandung seluruh aspek yang berhubungan dengan pengetahuan untuk dapat menanggapi isu lokal, nasional, kawasan, dunia, sosial, ekonomi, lingkungan dan etika, serta menilai secara kritis perkembangan dalam bidang IPA dan teknologi serta dampaknya.
Agar peserta didik SMP dapat mempelajari IPA dengan benar, maka IPA harus dikenalkan secara utuh, baik menyangkut objek, persoalan, maupun tingkat organisasi dari benda-benda yang ada di dalam alam semesta. Dengan begitu agar peserta didik SMP dapat mengenal kebulatan IPA sebagai ilmu, maka seluruh tema dan persoalan IPA pada berbagai jenis objek dan tingkat organisasinya hendaknya kajiannya luas memenuhi keutuhannya. Dengan kata lain bahwa IPA sebagai mata pelajaran di SMP hendaknya diajarkan secara utuh atau terpadu, tidak dipisah-pisahkan antara biologi, fisika, kimia dan bumi antariksa.
Pada konteksnya IPA di SMP diajarkan dengan pemisahan antara biologi, fisika dan kimia. Ketidakutuhan konsep IPA dalam pembelajarannya sebagai ilmu yang mencakup aspek IPA, teknologi dan masyarakat tidak terlingkupi, juga secara psikologis berat bagi peserta didik SMP. Padahal, mengingat perkembangan mental peserta didik usia SMP oleh Piaget sebagian besar pada taraf transisi dan fase kongkrit ke fase operasi formal, maka diharapkan sudah mulai dilatih untuk mampu berpikir abstrak. Artinya, pembelajaran IPA di SMP secara utuh mengajak peserta didiknya untuk mulai ke arah berpikir abstrak dengan mengenalkan IPA secara utuh dengan harapan muncul upaya penyelidikan-penyelidikan ilmiah.
Menjadikan materi IPA di SMP secara terpadu seperti yang digariskan oleh Kurikulum KTSP semata untuk merespon pertanyaan kritis mengenai materi IPA sebelumnya yang hanya menekankan pada "subject matter oriented program". Sehingga, materi IPA kurikulum KTSP untuk SMP didesain untuk menjawab persoalan-persoalan pada masalah-masalah global. Sayangnya, sistem pendidikan nasional secara nyata sampai saat ini belum melahirkan secara khusus guru IPA, melainkan menghasilkan guru biologi, kimia dan fisika. Untuk itulah IPA di SMP diajarkan secara terpisah sekaligus mengakomodasi keberadaan guru biologi dan fisika.
Implementasi Pembelajaran IPA
Landasan filosofis pembelajaran IPA terpadu ialah filsafat pendidikan Progresivisme yang dikembangkan oleh para ahli pendidikan seperti John Dewey, William Kilpatrick, George Count, dan Harold Rugg diawal abad 20 . Progresvisme merupakan pendidikan yang berpusat pada siswa dan memberi penekanan lebih besar pada kreativitas, aktivitas, belajar "naturalistik", hasil belajar "dunia nyata" dan juga pengalaman teman sebaya.
Pembelajaran IPA terpadu merupakan konsep pembelajaran IPA dengan situasi lebih alami dan situasi dunia nyata, serta mendorong siswa membuat hubungan antar cabang IPA dan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari hari. Pembelajaran IPA terpadu merupakan pembelajaran bermakna yang memungkinkan siswa menerapkan konsep-konsep IPA dan berpikir tingkat tinggi dan memungkinkan mendorong siswa peduli dan tanggap terhadap lingkungan dan budayanya.
Dalam pembelajaran IPA hendaknya guru dapat merancang dan mempersiapkan suatu pembelajaran dengan memotivasi awal sehingga dapat menimbulkan suatu pertanyaan. Dengan begitu, guru yang bertugas dapat mendorong, membimbing dan menilai kemampuan berpikir siswa dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan inkuari. Ciri utama pembelajaran IPA adalah dimulai dengan pertanyaan atau masalah dilanjutkan dengan arahan guru menggali informasi, mengkonfirmasikan dengan pengetahuan yang sudah dimiliki dan mengarahkan pada tujuan apa yang belum dan harus diketahui. Jadi terlihat bahwa siswa akan dapat menemukan sendiri jawaban dari masalah atau pertanyaan yang timbul diawal pembelajaran. Pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh diharapkan tidak dengan jalan mengingat seperangkat fakta-fakta, tetapi dengan jalan menemukan dan menggeneralisasi sendiri sebagai hasil kemandiriannya.
Dengan begitu, untuk pembelajaran IPA hendaknya dilakukan dalam kelompok-kelompok kecil yang anggotanya heterogen, untuk dapat bekerja sama, saling berinteraksi dan mendiskusikan hasil secara bersama sama, saling menghargai pendapat teman, sampai dapat memutuskan kesimpulan yang disepakati bersama.
Related Post
Artikel pendidikan,Coretan Pelajar,Coretan Pelajar Artikel Pendidikan,Kurikulum,Tips Dan Trik
Categories
- Agam
- Artikel
- Artikel Bioteknologi
- Artikel pendidikan
- Bangka
- Bangka Barat
- Bangka Tengah
- Bengkalis
- Bioteknologi
- Cara Booking SMU
- Cara Membuat Mading
- Cara Membuat Majalah Dinding
- Cara Mencari Teman Blogger
- Cara menulis cerpen
- Cargo
- Cerpen
- Contoh Artikel Pendidikan
- contoh brosur jasa pengiriman barang
- Contoh Majalah Dinding
- Contoh Teks Narrative
- Coretan Pelajar
- Coretan Pelajar Artikel Pendidikan
- Coretan Trik Supaya Blog Kita Jadi Paling Utama Di Pencarian Google
- ekspedisi jasa ibu
- Indragiri Hilir
- Indragiri Hulu
- jasa cargo
- jasa cargo jakarta
- jasa ekspedisi
- jasa ekspedisi adalah
- jasa ekspedisi batam
- jasa ekspedisi cargo
- jasa ekspedisi cod
- jasa ekspedisi di bali
- jasa ekspedisi di indonesia
- jasa ekspedisi jakarta
- jasa ekspedisi mobil
- jasa ekspedisi murah
- jasa ekspedisi murah di tangerang
- jasa ekspedisi pengiriman barang
- jasa ekspedisi pph 23
- jasa ekspedisi sicepat
- jasa ekspedisi surabaya
- jasa ekspedisi surabaya nct cargo surabaya city east java
- jasa ekspedisi terbaik
- jasa ekspedisi tercepat
- jasa ekspedisi terdekat
- jasa ekspedisi wahana
- jasa ekspedisi wahana surabaya
- jasa pengiriman
- jasa pengiriman 24 jam
- jasa pengiriman acommerce
- jasa pengiriman akulaku
- jasa pengiriman akulaku cek resi
- jasa pengiriman alfatrex
- jasa pengiriman barang
- jasa pengiriman barang antar pulau
- jasa pengiriman barang berat
- jasa pengiriman barang besar
- jasa pengiriman barang ke luar negeri
- jasa pengiriman barang ke luar negeri di tangerang
- jasa pengiriman barang ke luar negeri murah
- jasa pengiriman barang ke luar negeri via laut
- jasa pengiriman barang ke malaysia
- jasa pengiriman barang murah
- jasa pengiriman barang murah dan cepat
- jasa pengiriman barang murah jakarta malang
- jasa pengiriman barang murah ke luar negeri
- jasa pengiriman barang terdekat
- jasa pengiriman barang termurah
- jasa pengiriman card
- jasa pengiriman cepat dan murah
- jasa pengiriman cobra
- jasa pengiriman cobra semarang
- jasa pengiriman dhl
- jasa pengiriman di tokopedia
- jasa pengiriman dokumen penting
- jasa pengiriman dokumen pph 23
- jasa pengiriman fl reguler
- jasa pengiriman furniture murah
- jasa pengiriman internasional
- jasa pengiriman internasional terbaik
- jasa pengiriman internasional termurah
- jasa pengiriman internasional tts
- jasa pengiriman j&t
- jasa pengiriman jd.id
- jasa pengiriman jne
- jasa pengiriman kib
- jasa pengiriman kulkas
- jasa pengiriman lgs
- jasa pengiriman lgs lazada
- jasa pengiriman lion
- jasa pengiriman lion parcel
- jasa pengiriman lwe
- jasa pengiriman lwe adalah
- jasa pengiriman makanan 1 hari sampai
- jasa pengiriman mobil bali jakarta
- jasa pengiriman mobil jakarta
- jasa pengiriman mobil jakarta balikpapan
- jasa pengiriman mobil jakarta makassar
- jasa pengiriman mobil jakarta medan
- jasa pengiriman mobil jakarta surabaya
- jasa pengiriman mobil ke makassar
- jasa pengiriman mobil surabaya jakarta
- jasa pengiriman motor
- jasa pengiriman ninja reg
- jasa pengiriman ninja van id
- jasa pengiriman online
- jasa pengiriman other
- jasa pengiriman other akulaku
- jasa pengiriman other cek resi
- jasa pengiriman other di akulaku
- jasa pengiriman other itu apa
- jasa pengiriman other jd.id
- jasa pengiriman other logistics
- jasa pengiriman paket
- jasa pengiriman paket ke luar negeri
- jasa pengiriman paket paling cepat
- jasa pengiriman paket paling murah
- jasa pengiriman paket terdekat
- jasa pengiriman paling murah
- jasa pengiriman pph 23
- jasa pengiriman rcl
- jasa pengiriman rex 10
- jasa pengiriman si cepat
- jasa pengiriman terbaik di indonesia
- jasa pengiriman tiki terdekat
- jasa pengiriman uang dari luar negeri
- jasa pengiriman uang dari luar negeri ke indonesia
- jasa pengiriman uang luar negeri
- jasa pengiriman velg mobil
- jasa pengiriman wahana
- jasa pengiriman wahana bandung
- jasa pengiriman wahana di bandung
- jasa pengiriman wahana jakarta barat
- jasa pengiriman wahana terdekat
- jasa pengiriman yang bisa cod
- Kampar
- Kesiswaan
- Kuantan Sengingi
- Kurikulum
- macam macam jasa pengiriman barang
- Macam-Macam Kurikulum
- Membaca Cerpen
- Menambah Gambar Icons Di Chat
- Menanggapi Cara Pembacaan Cerpen
- Meranti
- Minyak zaitun
- Olahraga
- Palalawan
- Paling Utama Di Pencarian Google
- Pangkal Pinang
- Pasuruan
- Pelajar
- Pembelajaran
- Pendidikan
- Penerbangan
- Penyebab Insomni Atau Susah Tidur
- perbedaan jasa ekspedisi dan freight forwarding
- Rokan Hilir
- Rokan Hulu
- Siak
- Sijunjung
- Sistem Pendidikan
- Solok
- Solok Selatan
- Tarif Ongkir JNE Jakarta
- Teks Narrative
- Tips Dan Trik
- Trik
- Trik Chatting Fb